Farouk
Abdullah Alwyni

Calon Anggota Dewan (DPR RI) Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
Daerah Pilihan Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Luar Negeri .

Farouk Abdullah Alwyni, MA, MBA, ACSI lahir pada tahun 1969. Memperoleh gelar Sarjana Ekonomi (SE) di bidang Manajemen Keuangan & Perbankan dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) PERBANAS pada tahun 1993. Pada tahun 1998 beliau memperoleh gelar Master of Arts (S-2) Ekonomi dari New York University, New York, USA, dan pada tahun 2004 Farouk Abdullah Alwyni (FAA) mendapatkan gelar Master of Business Administration (MBA) di bidang Perbankan Internasional dan Keuangan dari University of Birmingham, Birmingham, UK. Selain gelar akademis, FAA memiliki gelar sertifikasi ACSI dari Chartered Institute for Securities & Investment (CISI) dan Diploma in Islamic Finance dari Chartered Institute of Management Accountant (CIMA).

Sebelum menjalankan lembaga training dan konsultan-nya sendiri (PT. Alwyni International Consulting [AIC]) mulai tahun 2012, FAA mempunyai pengalaman panjang di dunia keuangan internasional dan nasional. Mengawali karir keuangan Internasional-nya di kantor pusat lembaga keuangan Syariah internasiona Islamic Development Bank (IDB) di IDB selama sekitar 9 tahun (1998-2007), FAA kembali ke Indonesia di tahun 2007 untuk menjadi Direktur pertama dari lembaga keuangan leasing Syariah joint-venture yang di miliki secara bersama oleh Bank Muamalat Indonesia (BMI) dan dua lembaga keuangan Syariah dari Kuwait. Setelah itu FAA menjadi Direktur BMI (2009-2011). Selama berada di lingkungan BMI, FAA banyak berinisiasi dan mengimplementasikan beberapa inisiatif baru.

Selain menjalankan AIC, FAA juga aktif sebagai pengajar di Perbanas Institute dan di program MM Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Indonesia (FEB-UI). Di samping itu, FAA adalah juga Ketua Dewan Pembina (Chairman) dan salah satu pendiri dari lembaga think-tank Center for Islamic Studies in Finance, Economics, and Development (CISFED). Selaku CISFED Chairman, FAA banyak mengeluarkan siaran pers terkait isu-isu ekonomi & pembangunan di Indonesia. Sekitar satu tahun terakhir ini FAA juga sedang melakukan riset terkait Pembangunan Indonesia dalam rangka menyelesaikan studi S-3 doktoral-nya (PhD) di Universiti Sains Malaysia.

FAA banyak mengkontribusikan tulisan terkait Islamic Finance di publikasi keuangan Syariah internasional Islamic Finance News yang berbasis di Kuala Lumpur, Malaysia. Selain menulis, FAA aktif menjadi pembicara dalam berbagai forum nasional dan internasional terkait isu-isu Islamic Finance. Di samping juga sering memberikan komentar-komentar ataupun interview di satu program TV terkemuka nasional terkait dengan subjek keuangan, perbankan, dan ekonomi.

Saat ini FAA, sebagai wajah baru di politik, di majukan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang bernomor urut delapan (8) untuk menjadi Calon Anggota Dewan (DPR RI) dari daerah pemilihan DKI Jakarta II yang meliputi Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Luar Negeri (DKI 2) dengan nomor urut enam (6). Sebenarnya FAA adalah bukan wajah baru yang sesungguhnya dalam dunia aktivisme politik, beliau mungkin wajah baru di dunia politik pemilihan calon legislatif nantinya, tetapi beliau mempunyai jam terbang yang panjang terkait keperduliannya terhadap dinamika politik umat & bangsa sejak masa Orde Baru (ORBA).

Ekonomi Syariah

Infrastructure

Hukum

Stabilitas

FAA menerima amanah di atas dengan mempertimbangkan bahwa selain pemilihan presiden, pemilihan legislatif, khusus-nya DPR RI, sebenarnya adalah sebuah pemilihan yang tidak kalah penting-nya. DPR mempunyai tugas dan wewenang yang kritikal bagi kelangsungan perjalanan Republik ini beserta segenap rakyat yang berada di dalam nya, dan juga mau kemana Republik ini akan di arahkan. Pemikiran dan karakter para anggota dewan akan mempengaruhi apakah kita ingin negara ini menjadi negara maju atau terbelakang, apakah negara ini akan menjadi negara yang bersahabat dengan Islam atau tidak, dan apakah negara ini akan perduli dengan kesejahteraan seluruh masyarakat atau tidak. Umat dan bangsa perlu memilih para wakil-wakil yang amanah, mau berjuang utk kepentingan rakyat banyak dan pihak yang lemah, serta pro-pembangunan dan kemajuan untuk di tempat kan sebagai perwakilan rakyat.

Kunjungi link berikut untuk info lebih lengkap terkait FAA:
www.faroukaalwyni.com